NORMA SOSIAL DAN PERILAKU BERESIKO

Manusia dikenal dari perilaku masing-masing. Juga para remaja. Perilaku diukur dengan NORMA SOSIAL. Sesuai ataukah tidak. Untuk itu, mengenal norma sosial dan perilaku remaja dalam hubungannya dengan norma sosial amatlah penting bagi kita. Dua topik yang dibicarakan adalah NORMA SOSIAL dan PERILAKU YANG BERESIKO.

NORMA SOSIAL

Apakah Norma Sosial Itu ?

Norma sosial adalah serangkaian peraturan yang disepakati bersama untuk dipelihara, dijaga, dan ditaati oleh semua anggota suatu masyarakat.
Norma bisa bersumber dari :

  1. Agama
  2. Undang-Undang atau Peraturan Negara
  3. Adat dan Kebiasaan Serta Kesepakatan Masyarakat

Apa Kewajiban Remaja Terhadap Norma Sosial ?
Setiap masayarakat bisa memiliki adat dan kebiasan yang berlainan. Inilah yang membuat norma sosial bisa berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lain.
Hubungan lain jenis, apalagi yang terikat dengan hubungan seksual, merupakan hal yang sangat diperhatikan dalam norma sosial. Untuk itu, para remaja layak memberi perhatian yang lebih terhadap norma tersebut. Usahakan agar jangan sampai melanggar norma.

Apa Konsekuensi Seseorang Jika Melangar Norma ?
Jika norma yang dilanggar juga merupakan norma tertulis yang dituangkan dalam bentuk undang-undang, pelanggarannya akan diancam hukuman oleh negara. Apabila norma yang dilanggar juga merupakan kaidah agama, para pelaku akan terkena sanksi sesuai dengan agama masing-masing, baik sanksi didunia maupun di akhirat kelak.

PERILAKU BERESIKO

Apakah Perilaku Itu ?
Perilaku ialah keseluruhan tindakan manusia yang didasari atas pengetahuan (atau ketidaktahuan), sikap, dan tindakan.

Bagaimana Suatu Perilaku Dikatakan Beresiko ?
Perilaku yang dekategorikan BERESIKO, apabila perilaku itu bisa berpeluang mendatangkan kerugian. Kalau tidak menimbulkan kerugian saat ini, paling tidak perilaku itu bisa mendatangkan musibah pada masa mendatang. Ini dapat menyebabkan kerugian terhadap diri sendiri atau oranglain.

Apa Saja Contoh Perilaku Beresiko Itu ?
Beberapa perilaku seksual memiliki peluang yang sangat tinggi dan bisa menimbulkan berbagai kerugian kedua belah pihak yang melakukannya. Perilaku tidak aman itu antara lain seks sebelum menikah, gonta-ganti pacar, senggama dubur atau mulut, dan berbagai hubungan seksual yang tidak normal lainnya.
Dalam hal ini, masturbasi sabagai jalan keluar sementara bisa saja dikatakan tidak beresiko atau resikonya belum jelas. Namun jika dilakukan terlalu sering, perilaku ini bisa menimbulkan resiko KETERGANTUNGAN. Dalam bersenggama, penggunaan kondom yang baik akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, jika dilakukan bukan dengan pasangan yang sah, norma dan agama tetap menganggapnya sabagai pebuatan yang salah.

Apa Saja Peran Kita Sebagai Teman Sebaya Dalam Membantu Remaja Sebaya Lain Agar Terhindar Dari Berbagai Perilaku Yang Beresiko ?
Remaja perlu mengetahui dengan jelas berbagai perilaku yang beresiko dan sekaligus berupaya keras untuk menghindarinya. Dalam kaitan dengan perilaku seksual, remaja perlu sangat berhati-hati agar tidak tergelincir terhadap perilaku yang beresiko dan menerima akibat yang merugikan. Kita sebagai sahabat perlu mengingatkan tentang resikonya, diantara remaja akan sangat membantu menghindari berbagai resiko yang akan menganggu masa depan masing-masing.

:)yessy

Satu Balasan ke NORMA SOSIAL DAN PERILAKU BERESIKO

  1. mia mengatakan:

    thanks youuua
    atas info na, aku jadi lebih tahu tentang norma-morma yang per di ketahui dan akibat nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: