PERAN KELUARGA

Keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil dimana seorang remaja hidup. Dibandingkan dengan masyarakat lain, khusunya masyarakat sekolah dan kelompok bermain, dalam keadaan normal remaja tinggal paling lama dalam keluarga. Maka dari itu, keberhasilan remaja menggapai cita-cita sangat bergantung pada keterdekatan remaja pada keluarga.
Rasa cinta kepada keluarga menjadi perekat bagi tumbuhnya rasa tanggung jawab, kematangan, dan kedewasaan seseorang. Rasa cinta di dalam anggota keluarga di tunjukan dengan rasa saling percaya, saling menghargai, saling bersikap jujur, saling terbuka diantara anggota keluarga, dll. Rasa cinta juga dicerminkan pada cara-cara berkomunikasi antar anggota keluarga.

Tiap-tiap anggota keluargamempunyai pengalaman tersendiri. Pengalaman itu disampaikan dalam pendapat dan sikap ketika menghadapi masalah. Perbedaan-perbedaan pendapat dan sikap tersebut sebenarnya wajar saja, asalkan semua anggota keluarga saling menghargai pendapat dan sikap anggota keluarga yang lain.
Komunikasi antara remaja putri dan orangtua serta anggota keluarga lain seringkali lebih sulit. Hal ini disebabkan oleh karena adanya perbedaan pendapat tentang apa yang layak dikerjakan remaja putri.
Dalam kondisi seperti ini tindakan remaja putri yang sangat fatal adalah “meninggalkan keluarga” baik terang-terangan maupun diam-diam dan mengalihkan kepercayaan kepada orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: