Stress ? No Way!

Stress itu wajar dan manusiawi bahkan stress bisa menjadi sahabat untuk memacu semangat dan prestasi. Tapi hati-hati kalau stress sudah bikin penyakit. membuat kamu emosional,menggangu waktu istirahat, menggangu konsentrasi, dan masalah lainnya. Atasilah Stress sebelum merusak hidupmu!

1. Ketahuilah apa yang memicu munculnya stress. Ini sangat penting untuk menentukan langkah penanggulangan nya. Mungkin kamu stress karena hubungan yang rusak , karena gangguan penyakit , karena keinginan yang tak terpenuhi, karena beban yang berat , karena masalah keluarga , dsb.

2. Hadapilah masalah yang menyebabkan stress. Kalau kamu stress karena konflik dengan kekasih, berdamailah segera. Jangan biarkan hari-harimu rusak akibat stress hanya karena gengsi untuk mengalah .Tapi kalau penyebab stressmu adalah sesuatu yang tak dapat kamu ubah , belajarlah menerimanya.Berontak terhadap kenyataan yang tak bisa kamu ubah hanya akan mengakibatkan stress sepanjang hidupmu.

3. Ungkapkan masalah yang kamu hadapi pada orang lain yang bisa kamu percaya.Dengan bantuan orang lain kamu bisa melihat persoalan dengan lebih objektif.

4. Ungkapkanlah perasaanmu dengan cara yang benar . Kalau kamu merasa marah, ungkapkanlah kemarahanmu dengan cara yang bijak agar tidak ada orang yang merasa sakit hati. Ketika merasa resah dan gelisah, carilah teman untuk mencurahkan isi hati. Ketika sedih , jangan malu untuk menangis . Jangan memendam perasaan-perasaan yang negatif karena bisa menimbulkan berbagai gangguan fisik dan emosional.

5. Batasilah pikiranmu hanya pada hal-hal yang berada dalam kontrolmu . Semua hal yang bisa kamu atasi , bisa kamu usahakan, bisa kamu jangkau dan kerjakan adalah wilayah pemikiranmu. Jangan buang-buang energi memikirkan hal-hal yang berada diluar kontrolmu.Misalnya, tidak ada gunanya menyesali apa yang sudah terjadi, mengkhawatirkan kemungkinan buruk yang akan terjadi dsb.

6. Hiduplah dengan lebih teratur . Pergunakan waktu dengan efisien meskipun tidak terlalu kaku. Belajar , bekerja dan bermainlah pada waktunya.Makanlah makanan bergizi, tidurlah yang cukup, dan hindari aktifitas yang terlalu menguras tenaga. Hindari kebiasaan menumpuk tugas atau pekerjaan sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hindari kebiasaan SKS “Sistem Kebut Semalam” . Prioritaskanlah hal-hal yang penting meskipun tidak mendesak.

7. Beristirahatlah pada waktunya Kamu bisa menikmati waktu istirahat seorang diri atau sambil berkumpul bersama keluarga atau teman . Jangan menganggap istirahat sebagai waktu yang terbuang percuma , tapi sebagai waktu untuk melipat gandakan energimu. Istirahat akan memulihkan stamina dan mengendurkan urat-urat syaraf yang tegang. Kekurangan istirahat dapat menyebabkan keletihan , kejenuhan dan ketegangan yang membuat kamu rentan terhadap stress.

8. Berolahragalah secara teratur . Pilihlah cabang olahraga yang kamu sukai. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu tidak saja terhadap berbagai penyakit, tapi juga terhadap stress. Dengan tubuh yangsehat dan segar , kamu akan tampak lebih percaya diri dan lebih bergairah hidup.

9. Hadapilah hidup dengan jiwa yang besar. Kehidupan seringkali tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kamu. Sewaktu-waktu muncul hal-hal yang tidak kamu inginkan, orang-orang yang tidak bersahabat , masalah yang sulit diatasi,pikiran yang kacau, perasaan yang tidak nyaman. Hadapilah dengan tenang dan penuh percaya diri . Jangan terlalu reaktif dan emosional. Anggaplah semua itu sebagai serangkaian pelajaran hidup yang akan mendewasakan kamu.

10. Bersikaplah lebih positif dan realistis. Hindari hal-hal yang terlalu ekstrim, seperti terlalu banyak menuntut , terlalu perfeksionis , terlalu tergesa-gesa, terlalu memaksakan kehendak , terlalu serius memandang kehidupan ini dsb. Tidak ada salahnya menggantungkan harapan setinggi bintang dilangit dan berusaha untuk meraih yang terbaik asal kamu tetap tahu diri , tahu keterbatasan dan kemampuanmu.

🙂, Yessy N Lumandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: