Jenis kepribadian manusia

Beragam manusia didunia.., beragam pula jenis kepribadiannya..
Ada beberapa jenis kepribadian manusia :

– Kepribadian Sanguinis ( Sanguinis yang populer )
Kemampuan orang sanguinis yang populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai sesuatu merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain, tetapi kalau dibawa sampai ke ujung yang ekstrim orang Sanguinis yang populer bicara terus – menerus, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.
Bergaul dengan orang sanguinis ini sebenarnya sangat menyenangkan, jika dia bercerita, dia menggambarkan sesuatu yang baik, sehingga pikiran kita diajak untuk merangkai kata – katanya seperti film yang bagus.
Orang berkepribadian Sanguinis umumnya selalu menginginkan kesenangan, ramah, berorientasi pada hubungan, jenaka, sanai populer, artistik, emosional, terus terang, dan optimis.
– Kepribadian Melankolis ( Melankolis yang Sempurna )
Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis yang sempurna merupakan ciri khas jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya lebih dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, dia jadi menyebabkan kemurungan dan menekan perasaan.
Dalam bergaul dengan orang melankolis, seringkali kita bosan karena hidupnya serba teratur dan teliti, segala sesuatu diatur dengan langkah – langkah yang jelas dan teratur. Ciri – ciri kalau kita bertemu dengan orang melankolis ini bisa dilihat dari kamar tidurnya atau kantornya semua serba rapih, teratur, tertata, tertib dan terpola. Dan orang – orang melankolis begitu sulit untuk diyakinkan, perlu data – data yang memdukung argumentasi kita. Dan dalam hal keuangan, orang melankolis cenderung hemat yang berlebihan, tapi untuk mengenal hasil pekerjaan, sangat pandai juga berkepribaddian melankolis pada umumnya menginginkan kesempurnaan, introvert, berorientasi, pada tugan dan tujuan, artistik, emosional, teratur, dan pesimis.
– Kepribadian Koleris ( Koleris Kuat )
Bakat orang koleris cenderung kuat untuk kepemimpinan yang cepat dan tajam sangat deperlukan dalam setiap tahap kehidupan pada zaman sekarang, tetapi kalau dibawa sampai tahap kehidupan pada zaman sekarang, tapi kalau dibawa sampai titik ekstrim, orang koleris kuat jadi sok berkuasa, mendoninasi, dan memanipulatif.Setiap pemimpin mempunyai sifat ini, tegas, lugas, dan salah satu untuk mengenai ciri – ciri kepribadian ini selalu ingin di depan, tidak mau kalah. Secara ekstrim, orang seperti ini menjadi orang yang diktaktor, selalu tampil dominan dan tidak mau dibawah orang lain.
– Kepribadian Phlegmatis ( Phlegmatis yang Damai )
Sifat orang ini mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengagumkan dan menjadikannya orang yang paling disukai. Tetapi orang seperti ini adalah seseorang yang bersifat masa bodoh dan tak punya kepastian.
Ciri –cirinya yang mudsh dilihat adalah tidak mempunyai sikap yang jelas dalam mengambil keputusan, tidak mau secara tegas memihak sesuatu yang belum diketahuinya, cenderung damai, dan tidak mau berkonfrontasi secara langsung dengan orang lain.
Terkadang orang seperti ini harus didikte dalaam mengerjakan sesuatu, tetapi bisa menjadi orang peloby dalam bisa diandalkan untuk urusan berhubungan komunikasi dengan orang lain, kerena sifatnya yang kalem dan tenang.

Diadopsi dari Seni Berbicara dan Komunikasi

:). Yessy N Lumandung

Tinggalkan komentar