Say no to Malu !

Perasaan malu yang tidak wajar merupakan masalah emosional yang perlu diatasi.

Rasa malu bisa menghambat pergaulan, menghambat karir dan merusak kualitas hidupmu.

Jadi katakan TIDAK pada MALU

1. Kenalilah sumber-sumber rasa malu . Jawablah dengan jujur pertanyaan-pertanyaan berikut ini : apakah kamu malu karena ada bagian-bagian dari tubuhmu yang kurang ideal ? Apakah kamu malu karena merasa tidak mampu melakukan aktifitas-aktifitas tertentu? Apakah kamu merasa malu karena kamu pernah mengalami kegagalan? Apakah kamu merasa malu karena tidak tahan melihat orang mentertawakan atau menghina kamu? Apakah kamu merasa malu tanpa mengetahui penyebabnya ? Bila kamu bisa menjawab satu atau lebih pertanyaan diatas , paling tidak kamu sudah bisa mengenal sumber rasa malu yang kamu alami dan kamu bisa mulai mengambil langkah-langkah penanggulangannya.

2. Sadarlah bahwa rasa malu yang kamu alami bersumber dari dalam dirimu sendiri , bukan dari luar. Dengan begitu kamu bisa memulai berhenti menyalahkan apapun yang berada diluar dirimu sebagai penyebab timbulnya rasa malu. Namun hati-hati , jangan sampai kamu terlalu fokus pada diri sendiri. Sebab kamu perlu memikirkan orang lain dan hal-hal lain yang penting bagi hidupmu.

3. Ketika sedang mengalami rasa malu, rasakanlah betul-betul dan amatilah reaksi tubuhmu. Mungkin kamu merasa tidak nyaman, serba salah, muka menjadi marah , tangan gemetar dan dan reaksi fisik lainnya. Telusurilah apa yang memicu munculnya perasaan negatif itu.

4. Dengarkanlah dengan kritis apa yang kamu katakan pada diri sendiri yang membuat kamu berperasaan negatif. Koreksilah kalau kamu sedang mengatakan hal-hal yang tidak benar pada diri sendiri. Misalnya ketika kamu sedang merasa jadi pusat perhatian, biasanya itu hanyalah percakapan dengan diri diri sendiri yang negatif, dan bukan kebenaran. Katakanlah fakta yang benar bahwa kamu bukanlah PUSAT DUNIA. Lihatlah kenyataaan bahwa orang lain sibuk dengan perasaan dan pikiran mereka sendiri.

5. Kenalilah kelemahanmu supaya kamu bisa memperbaikinya. Akuilah kalau kamu tidak suka pada penampilan kamu yang tidak menarik, kalau gaya bicaramu monoton dan membosankan, kalau tubuhmu kelebihan lemak, kalu kamu tidak murah senyum, kalau kamu egois, kalau kamu terlalu pemurung , takut akan penilaian orang lain, dsb. Lalu terapkanlah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya. Dan yang paling penting, segera ambil langkah pertama. Jangan menundanya sampai kamu merasa benar-benar siap.

6. Kenali dan kembangkan terus kelebihan dan keistimewaanmu. Bersyukurlah kalau kamu bisa main musik karena banyak orang yang tidak dikaruniai kemampuan main musik.Nikmatilah hobimu membaca karena itu bisa menambah pengetahuan dan memperluas wawasanmu. Kembangkanlah kemapuan bidang-bidang yang kamu sukai dan kuasai. Semakin berkembang potensi dirimu , maka akan semakin mudah terkikis perasaan malumu.

7. Sadarlah kamu mempunyai hak yang sama dengan orang lain, sekalipun engkau terlahir dari sumber kegelapan. Dan pergunakanlah hakmu tanpa keraguan. Kamu mempunyai hak untuk memilih dan memutuskan apapun yang kamu kehendaki. Kamu juga punya hak untuk meminta meskipun orang lain punya hak untuk menolak, begitu juga sebaliknya. Prinsipnya ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.

8. Doronglah diri kamu untuk menanggalkan gelar sebagai pemalu. Lakukanlah hal-hal yang selama ini kamu hindari karena dihambat oleh rasa malu . Kalau kamu selalu menolak ajakan untuk pergi kekaraoke,mulailah berkaraoke. Kalu kamu menghindari tempat fitnes atau senam mulailah mendaftarkan diri untuk bergabung. Kalau kamu selalu menjadi peserta rapat yang tidak bersuara, mulailah kemukakan pendapatmu dsb. Pada tahap awal akan terasa kaku dan dipaksakan , tapi lama-kelamaan akan terbiasa dan rasa percaya dirimu akan tumbuh.

9. Bergembiralah kalu kamu mengalami kemajuan, tapi jangan putus asa kalau kamu tidak melihat perubahan yang berarti. Tidak ada jalan pintas untuk mengatasi rasa malu, semuanya harus melalui proses yang panjang. Namun pengorbanan dan perjuangmu tidak akan sia-sia karena ketika kamu tidak lagi menjadi orang pemalu , kamu akan lebih percaya diri dan lebih bahagia.

10. Bila perasaan malu yang kamu alami terasa aneh, sulit ditelusuri dan betul-betul berada diluar kontrol kamu , sebaiknya kamu bicarakan secara terbuka dengan orang-orang yang kamu percayai. Kalau masih tidak menemukan solusinya , berkonsultasilah dengan bantuan orang lain , kamu bisa melihat persoalan dengan lebih obyektif. Hindari lari dari permasalahan dengan memakai Narkoba, selain hanya sesaat dan tidak ada gunanya serta dapat merusak diri sendiri…rasa percaya diri adalah usaha dalam diri yang timbul berkobar, meledak-ledak, guna mengukir cita dan impian hidup, semua itu dapat tercapai dengan bantuan dan tuntunan jiwa/ akal yang sehat.

🙂, Yessy N Lumandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: