Strategi Mempengaruhi Orang Lain

Jika kita menginginkan apa yang akan kita bicarakan, yang kita sampaikan itu bisa di dengarkan orang lain dengan seksama, maka terlebih dahulu kita perlu mempengaruhi orang lain agai ia mau mendengarkan apa yang kita sampaikan.
Dan untuk mempengaruhi orang lain, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, misalnya :

Metoda IBQ (Influence Behavior Questionaire) memfomulasikan 9 strategi dan teknik mempengaruhi orang lain :

1. Rational Persuasion
Adalah siasat meyakinkan orang lain dengan menggunakan argument yang logis dan rasional. Seoraang dokter yang memberi nasehat kepada pasienyang perokok berat dengan menjelaskan efek samping dari merokok bagi paru-paru perokok lebih rentan menderita penyakit kronis lain. Ini adalah salah satu contoh rasional persuation ini.
2. Inspiration Appeals Tactics
Adalah siasat dengan meminta ide atau proposal untuk membangkitkan rasa antusias dan semangat dari target person.
3. Consultation Tactics
Terjadi ketika kita meminta target person untukl berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang kita agendakan. Misalnya adalah konsultasi.
4. Ingratiation Tactics
Adalah suatu siasat dimana kita berusaha untuk membuat senang hati dan tentram target person, sebelum mengajukan permintaan yang sebenarnya.
5. Personal Appeals Tactics
Terjadi jika kita berusaha mempengaruhi target person dengan landasan hubungan persahabatan, pertemanan atau hal yang bersifat personal lainnya, kita bias mengimplementasikan dengan memulai pembicaraan.
6. Exchange Tactic
Adalah mirip dengan personal appear tactics namun sifatnya adalah bukan kerena hubungan personal semata, nemun lebih banyak karena adanya proses pertukaran pemahaman terhadap kesukaan, kesenangan, hobi, dsb, diantara kita dan target person.
7. Coalition Tactics
Adalah suatu siasat dimana kita berkoalisi dan meminta bantuan pihak lain untuk mempengaruhi target person. Srategi kemenangan kerana jumlah pengikut dipakai dalam siasat ini.
8. Pressure Tactics
Terjadi dimana kita memperngaruhi target person dengan peringatan ataupun ancaman yang menekan.
9. Legitimizing Tactics
Adalah satu siasat dimana kita menggunakan otoritas dan kedudukan kita untuk mempengaruhi target person.

Selamat Mencoba 🙂

Diadopsi dari Seni Berbicara dan Komunikasi

:), Yessy N Lumandung

Tinggalkan komentar